Kenapa Kita Menggunakan VOIP

voip

Berikut beberapa alasan kenapa Anda perlu menggunakan VOIP?

Penghematan biaya. Fitur VoIP yang paling menarik adalah potensi penghematan biaya. Ketika kita menjauh dari jaringan telepon umum, panggilan jarak jauh menjadi murah. Alih-alih diproses melintasi konfigurasi jalur telekomunikasi komersial konvensional, lalu lintas suara bergerak di Internet atau melalui jalur jaringan data pribadi.

Layanan media yang kaya. Sistem telepon lawas terutama menyediakan layanan suara dan faks meskipun layanan video terbatas dimungkinkan. Namun, permintaan pengguna jauh lebih tinggi dari itu, seperti yang ditunjukkan dalam komunikasi media yang kaya saat ini melalui Internet. Orang-orang memeriksa keberadaan teman (seperti online, offline, sibuk), mengirim pesan instan, melakukan panggilan suara atau video, mentransfer gambar, dan sebagainya. Teknologi VoIP memungkinkan layanan media yang kaya, terintegrasi dengan protokol dan aplikasi lain. Layanan multimedia tidak hanya menyediakan banyak pilihan media bagi pengguna, tetapi juga menciptakan pasar baru di industri komunikasi, seperti layanan VoIP di telepon seluler.

Portabilitas ponsel. Sistem telepon lawas memberikan nomor telepon dengan saluran khusus, sehingga Anda biasanya tidak dapat memindahkan telepon rumah ke tempat lain jika Anda ingin menggunakan nomor telepon yang sama. Merupakan hal yang umum untuk menghubungi perusahaan telepon dan meminta pembaruan nomor telepon ketika pindah ke rumah baru. Namun, VoIP memberikan mobilitas angka: Perangkat telepon dapat menggunakan nomor yang sama di mana saja selama ia memiliki konektivitas IP yang tepat. Banyak pebisnis saat ini membawa telepon IP atau softphones mereka saat bepergian, dan menggunakan nomor yang sama di mana-mana.

Mobilitas layanan. Konteks mobilitas di sini termasuk mobilitas layanan juga. Ke mana pun telepon pergi, layanan yang sama dapat tersedia, seperti fitur panggilan, akses pesan suara, log panggilan, fitur keamanan, kebijakan layanan, dan sebagainya.

Integrasi dan kolaborasi dengan aplikasi lain. Protokol VoIP (seperti Session Initiation Protocol [SIP], H.323) berjalan pada lapisan aplikasi dan dapat mengintegrasikan atau berkolaborasi dengan aplikasi lain seperti email, browser web, instant messenger, aplikasi jejaring sosial, dan sebagainya. Integrasi dan kolaborasi menciptakan sinergi dan memberikan layanan berharga kepada pengguna. Contoh umum adalah pengiriman pesan suara melalui email, layanan klik untuk menelepon di situs web, tombol panggilan suara pada email, informasi keberadaan pada daftar kontak, dan sebagainya.

Antarmuka kontrol pengguna. Sebagian besar penyedia layanan VoIP menyediakan antarmuka kontrol pengguna, biasanya GUI web, kepada pelanggan mereka sehingga mereka dapat mengubah fitur, opsi, dan layanan secara dinamis. Misalnya, pengguna masuk ke GUI web dan mengubah nomor penerusan panggilan, panggilan cepat, informasi keberadaan (online, offline), daftar hitam / putih, pilihan musik ditahan, blok panggilan anonim, dan sebagainya.

Tidak ada batasan geografis. Area layanan VoIP menjadi tervirtualisasi tanpa batas geografis. Artinya, kode area atau kode negara tidak lagi terikat ke lokasi tertentu. Misalnya, Anda dapat tinggal di Korea Selatan tetapi berlangganan nomor telepon AS, yang memungkinkan semua panggilan ke AS menjadi panggilan domestik (lebih murah) meskipun Anda tinggal di Korea Selatan.

Fitur yang kaya. VoIP menyediakan fitur yang kaya seperti klik untuk panggil pada halaman web, Temukan-Saya-Ikuti-Saya (FMFM), penerusan panggilan selektif, nada dering yang dipersonalisasi (atau nada ringback), dering simultan pada beberapa ponsel, area selektif atau kode negara , dan seterusnya. Sekarang setelah Anda mengetahui banyak manfaatnya, bagian selanjutnya membahas beberapa kelemahan.

Need Help? Chat with us
Please accept our privacy policy first to start a conversation.